Friday, November 14, 2014

Cara Menanam Pohon Kelapa Kopyor Genjah Pati

Cara Menanam Pohon Kelapa Kopyor Genjah Pati - Cara menanam yang baik tentunya akan meningkatkan potensi tanaman untuk hidup. Setiap tanaman memiliki cara penanaman yang berbeda-beda, begitu juga dengan penanaman pohon kelapa kopyor genjah Pati.
Cara Menanam Pohon Kelapa Kopyor Genjah Pati

Hampir semua jenis tanaman ditanam mulai dari bibit yang kecil. Seperti itu juga penanaman pohon kelapa kopyor ini juga melalui bibit kelapa kopyor yang telah disemaikan. Karena ditanam dari bentuk bibit, aka perlu adanya perlakukan khusus untuk masalah penanaman demi menghasilkan pohon yang bagus.

Cara Menanam Pohon Kelapa Kopyor Genjah Pati

Untuk membantu para konsumen kami dalam menanam, artikel ini akan memberikan tata cara penanaman mulai dari penyiapan lahan, pemilihan pupuk, dan perawatan paska penanaman. Untuk lebih jelasnya akan kami ulas satu per satu dari poin tadi.

Penyiapan Lahan

Penyiapan lahan sangat penting untuk dilakukan mengingat lahan adalah tempat hidup dari pohon yang nantinya kita tanam. Hampir semua tipe tanah dapat dijadikan sebagai lahan penanaman, tetapi sebisa mungkin hindari lahan dengan tanah kapur keras. Untuk masalah ketinggian tanah, standarnya buah kelapa kopyor bisa tumbuh dan berbuah sampai di lahar dengan ketinggian 400 mdpl dengan kebutuhan sisnar matahari terpenuhi minimal 75%.

Penyiapan lahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas kelapa kopyor nantinya. Untuk penanaman, gali lubang dengan kedalaman 50 cm dan lebar 40 cm. Masukkan pupuk kandang yang sudah terfregmentasi kurang lebih 10 cm di dalam lubang. Kemudian tutup dengan tanah hasil galian 10 cm lagi.

Letakkan bibit yang siap tanam di atas tanah tadi dan timbun bibit sampai 3/4 batok kelapanya tertutupi tanah (masih ada 1/4 batok yang kelihatan). Jika sudah berumur 2-3 bulan, tutup lubang sisa supaya rata dengan tanah dan batok tidak lagi kelihatan.

Pemilihan Pupuk

Pemilihan pupuk sendiri kami bagi menjadi dua bagian, yaitu pupuk awal dan pupuk lanjutan. Seperti yang telah dicantumkan juga pada poin penyiapan lahan, pemilihan pupuk awal dilakukan pada saat penanaman bibit. Pupuk awal yang kami rekomendasikan adalah pupuk kandang yang sudah terfregmentasi atau pupuk kompos.

Sedangkan pupuk lanjutan dapat menggunakan jenis pupuk NPK ketika pohon sudah berumur 1 tahun, dengan kadar pemakaian pupuk NPK 3 sendok makan setiap pohon dengan jarak pemupukan 30 cm dari pusat pohon.
Cara Menanam Pohon Kelapa Kopyor Genjah Pati

Perawatan Paska Penanaman

Untuk perawatan pohon paska penanaman di lahan tidak memerlukan perawatan khusus. Hanya saja jika musim kemarau, ketika pohon masih kecil dengan ciri daun belum mekar seperti kelapa biasa, sebaiknya kadar airnya dikontrol dengan disirami sehari sekali. Jika musim hujan usahakan supaya tidak terlalu becek atau terendam air.

Jika pohon sudah besar tidak masalah untuk kedua permasalah ini. Selain itu terkadang ada semacam hama ulat yang menyerang daun ketika pohon masih kecil. Cara mengatasinya bisa dengan menyemprot daun menggunakan pestisida daun untuk tanaman.

Demikianlah cara penanaman yang baik untuk kelapa kopyor genjah Pati, semoga dapat membantu semua klien kami saat mulai penanaman dilahannya. Penanaman yang baik sangat mempengaruhi hasil yang akan dihasilkan nanti.

9 Responses to "Cara Menanam Pohon Kelapa Kopyor Genjah Pati"

  1. Terimakasih tips bertanam kelapa kopyornya, semoga usahanya makin lancar ya :)

    ReplyDelete
  2. ya semoga sukses budidya kelapa kopyor nya

    ReplyDelete
  3. Aamiin.... Semoga tumbuh dengan baik ya pak... :)

    ReplyDelete
  4. hehehe.. iya pak.. jenis kelapa mulai banyak dibudidayakan di berbagai daerah karena nilai ekonomisnya yang semakin membaik...

    ReplyDelete
  5. Berapa nggih harga bibit kelapa kopyor genjah di wilayah tayu, dukuhseti pati???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk harga 25rb per batang pak, minimal pembelian 10 batang jika dikirim. Kalo datang langsung bebas mau beli berapa.

      Delete