Potensi Perkebunan Kelapa Kopyor Genjah Yang Menggiurkan

Potensi Perkebunan Kelapa Kopyor Genjah Yang Menggiurkan ~ Dunia perkebunan sekarang menjadi primadona penanaman saham bisnis bagi banyak kalangan. Bagaomana tidak, dunia perkebunan saat ini lebih menjanjikan hasilnya dibandingkan beberapa bidang usaha lainnya. Dalam dunia perkebunan, yang terlintas pertama di pemikiran kita tentunya adalah perkebunan sawit, karet, gaharu, dan lain-lain. Dan ternyata selain jenis perkebunan tersebut, ada jenis perkebunan lainnya yang hasilnya sangatlah menggiurkan. Bentuk perkebunan tersebut adalah jenis perkebunan kelapa. Perkebunan kelapa di Indonesia memang sudah banyak, baik untuk kopra maupun untuk konsumsi. Tetapi perkebunan kelapa yang kali ini akan diulas disini adalah perkebunan kelapa kopyor genjah. Mari kita pelajari lebih lanjut kenapa perkebunan kelapa kopyor genjah ini hasilnya sangat menggiurkan.

Sebelumnya apakah Anda sudah mengenal jenis kelapa kopyor genjah ini? Jika belum silahkan baca artikel tentang kelapa kopyor genjah terlebih dahulu, biar lebih mudah nantinya untuk memahami potensi perkebunan ini. Selanjutnya akan saya ulas mengenai alasan kenapa potensi perkebunan kelapa kopyor genjah sangat menggiurkan. Ada beberapa alasan mendasar yang dapat diterima nalar dan dapat diterjemahkan dalam ilmu ekonomi juga mengenai keuntungannya. Di bawah ini akan diulas beberapa alasan dari diangkatnya judul artikel ini.
Pohon Kelapa Kopyor Genjah Pati
Pohon kelapa kopyor yang sudah aktif berbuah
#Reason 1 : Buah kelapa kopyor adalah buah dengan nilai ekonomis tinggi
Tidak heran memang dengan alasan ini, semua orang sudah pada tahu, apalagi yang sudah pernah mencicipi dan membeli buah kelapa kopyor. Harga buah kelapa kopyor tergolong tinggi untuk ukuran harga buah-buahan. Bagaimana tidak, harga terendah buah kelapa kopyor terhenti di angka Rp20.000,- /butir dan harga tertinggi bisa mencapai Rp40.000,- /butir. Bukankan itu harga yang sangat dahsyat untuk menebus 1 butir kelapa. Padahal seperti yang kita tahu, harga kelapa yang biasa dimanfaatkan sebagai santan hanya sekitar Rp4.000,- /butir, bukankah itu bisa mencapai 10x lipatnya. Jadi alasan ini bisa menjadi alasan yang mutlak untuk membangun perkebunan kelapa kopyor genjah.

#Reason 2 : Buah kelapa bukan buah musiman
Dari dulu sampai sekarang tidak ada yang bilang "sekarang adalah musim buah kelapa", seperti yang sering kita dengar ketika musim buah rambutan datang dan musim buah yang lainnya datang. Karena semua hari dan semua musim adalah musim buah kelapa. Begitu juga status ini dimiliki oleh buah kelapa kopyor genjah. Kalapa kopyor genjah bukanlah buah musiman. Buahnya dapat dipanen setiap waktu sepanjang tahun dengan range waktu yang telah ditentukan. Jadi yang memiliki perkebunan kelapa kopyor genjah akan panen buah kelapa kopyor genjah setiap hari bisa.
Pohon Kelapa Kopyor Genjah Pati
Pohon kelapa kopyor yang sudah aktif berbuah
#Reason 3 : Panen buah kelapa kopyor genjah tidak bersifat masal
Masih mengenai panen buah yang bukan musiman, pasti akan merasa takut harga anjlok karena panennya banyak sepanjang tahun. Jangan kawatir!! Itu tidak akan terjadi. Karena sistem panen buah kelapa kopyor tidak bisa masal seperti buah yang lainnya. Panennya bertahap dengan kuantitias buah kelapa kopyor yang diperoleh yang tidak terlalu banyak. Hanya saja range waktu panen hanya sekitar 3 hari jeda, jadi 1 minggu bisa panen 2 kalo dengan kuantitas hasil yang berbeda pula. Jadi pemasaran buahnya akan tetap stabil dan tidak terkoyak dengan harga musiman.

#Reason 4 : Cepat berbuah, umur pohon lama, dan produktivitas buah tinggi
Untuk alasan yang satu ini menyangkut masalah jangka panjang. Umur kelapa kopyor genjah termasuk dalam kategori tumbuhan berumur lama dengan produktivitas buah yang tinggi. Umurnya bisa sampai puluhan tahun dengan hasil buah yang melimpah. Selain itu pohon kelapa kopyor genjah berbeda dengan jenis kelapa lainnya seperti kelapa dalam.Dalam pertumbuhan normal kurun waktu 3.5 - 4.5 tahun sudah bisa berbuah pertama dan buah akan siap panen pada umur 8-9 bulan berikutnya.
Bibit kelapa kopyor genjah Pati unggulan
Bibit kelapa kopyor genjah Pati unggulan
#Reason 5 : Konsumsi buah kelapa kopyor semakin meningkat
Jika Anda memikirkan soal pemasaran buah kelapa kopyor genjah nantinya, Anda tidak perlu kawatir !!!. Banyak orang yang mencari dan mengkonsumsi buah kelapa kopyor. Peningkatan konsumen akan terus bertambah dengan lebih dikenalnya buah ini di masyarakat. Selain dari masyarakat, ada beberapa perusahaan yang membutuhkan buah kelapa kopyor sebagai bahan baku produknya, salah satunya adalah perusahaan Ice Cream Campina yang digunakan untuk membuat es krim kelapa kopyor Campina.

#Reason 6 : Tidak ada perawatan khusus seperti buah istimewa
Alasan terakhir yang akan diulas disin adalah tentang teknik penanaman dan perawatan yang tidak merepotkan. Kelapa kopyor genjah dapat tumbuh di segala kondisi tanah. Hanya saja jenis tanah yang kurang direkomendasikan adalah tanah kapur. Untuk masalah ketinggian dataran juga tidak berpengaruh besar, hanya saja kebutuhan sinar matahari minimal 75% harus terpenuhi untuk pertumbuhan yang optimal. Pemupukan juga mudah, cukup sekali pemupukan dengan pupuk kandang dan sekali pemupukan dengan pupuk kimia seperti NPK setelah sudah tumbuh sekitar 1 tahun. Pohon kelapa lebih tahan dengan hama, jadi jarang sekali penangan masalah hama yang menyerang.

Selain alasan-alasan tersebut sebenarnya masih banyak sekali alasan yang mendasari mengapa potensi perkebunan kelapa kopyor begitu menggiurkan. Tidak perlu banyak dan luas dalam memiliki kebun kelapa kopyor, cukup memiliki lahan 1 hektar dengan keberadaan 150 batang pohon ketika sudah aktif berbuah bisa menjadi tabungan hari tua yang menjanjikan.
Previous
Next Post »