Wednesday, February 18, 2015

Perbedaan Kelapa Kopyor Dengan Kelapa Biasa Secara Lengkap

Perbedaan Kelapa Kopyor Dengan Kelapa Biasa ~ Kelapa kopyor dan kelapa biasanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Mulai dari perbedaan dalam fisik buahnya, sampai dengan perbedaan segi ekonomis yang dihasilkan. Mengenai perbedaan antara kelapa kopyor dengan kelapa biasa dari fisiknya memang memerlukan kemampuan khusus dari seseorang.
Perbedaan Kelapa Kopyor Dengan Kelapa Biasa Secara Lengkap

Kemampuan untuk mengenali buah tersebut kelapa kopyor atau bukan tidaklah mudah. Perlu latihan dan praktik langsung untuk dapat membedakan kelapa kopyor dengan kelapa tua biasa pada saat masih berbentuk buah lengkap dengan kulitnya. Pada kesempatan kali ini akan kami ulas mengenai perbedaan kelapa kopyor dengan kelapa tua biasa.

Perbedaan Kelapa Kopyor dengan Kelapa Biasa (Kelapa Tua)

1# Suara Ketukan yang Berbeda

Kelapa kopyor ketika dipukul dengan irama tertentu akan mengeluarkan bunyi. Begitu juga dengan kelapa tua yang diketuk juga akan mengeluarkan bunyi. Hanya saja bunyi yang dihasilkan kelapa kopyor dan bunyi yang dihasilkan kelapa tua biasa sangat berbeda.

Bunyi yang dihasilkan kelapa kopyor ketika diketuk dengan irama tertentu menimbulkan bunyi yang lebih lembut dibandingkan kelapa tua biasa yang biasanya lebih keras dan terkesan nyaring.
Perbedaan Kelapa Kopyor Dengan Kelapa Biasa

2# Suara Guncangan Air yang Berbeda

Cara lain untuk membedakan kelapa kopyor dengan kelapa tua biasa adalah dengan cara diguncangkan. Ketika kelapa kopyor diguncangkan akan, air di dalam kelapa akan menimbul bunyi yang jelas dan terkesan lembut (orang Jawa bilang "Bindeng"). Sedangkan jika kelapa tua biasa digocangkan akan menimbulkan suara air yang keras dan ada bunyi kletukan.

3# Daging yang Berbeda Jauh Ketika Dibelah

Jika ingin membedakan secara jelas antara kelapa kopyor dengan kelapa biasa yang sudah tua adalah dengan cara dibelah. Ketika dibelah akan terlihat perbedaan jelas pada dagingnya. Daging kelapa kopyor akan rontok dan terlepas dari tempurungnya. Tidak seperti kelapa tua biasa yang tempel dan keras di tempurungnya.

4# Perbedaan dari Segi Ekonomis (Harga Jual)

Untuk perbedaan yang satu ini tidak diperlu diragukan lagi. Harga kelapa kopyor jauh sekali lebih tinggi daripada harga kelapa tua biasa. Haranya kelapa kopyor mencapai 10x lipat harga kelapa biasa.

Itulah beberapa perbedaan antara kelapa kopyor dengan kelapa biasa. Selain perbedaan tersebut, masih banyak lagi perbedaan lainnya yang dapat dijumpai. Semoga ulasan mengenai perbedaan kelapa kopyor dengan kelapa biasa ini dapat memperjelas pengetahuan Anda dan menjawab rasa penasaran Anda tenteang kelapa kopyor.

2 Responses to "Perbedaan Kelapa Kopyor Dengan Kelapa Biasa Secara Lengkap"